لاَ يُشِيْرُ أَحَدُكُمْ إِلَى أَخِيْهِ بِالسِّلاَحِ فَإِنَّهُ لاَ يَدْرِى أَحَدُكُمْ لَعَلَّ الشَّيْطَانَ يَنْزِعُ فِي يَدِهِ فَيَقَعُ فِي حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Janganlah seseorang diantara kalian mengacungkan senjata kepada saudaranya karena sesungguhnya kalian tidak tahu bisa jadi setan merenggut nyawa saudaranya melalui tangannya sehingga mengakibatkannya masuk ke lubang api neraka.” (HR. Bukhari, no. 7072 dan Muslim, no. 2617)

Saudaraku, hadits ini menjelaskan larangan terhadap segala hal yang bisa mengantarkan kepada bahaya kepada orang lain, walaupun bahaya tersebut belum pasti terjadi, baik hal itu dilakukan dengan serius maupun bercanda.

Saudaraku, diantara contoh yang sering terjadi ditengah-tengah masyarakat adalah seseorang naik motor dengan kecepatan yang tinggi menuju ke saudaranya yang sedang berdiri atau duduk, dengan maksud mencandainya, lalu dia belokkan dengan cepat ketika sudah dekat dengannya agar tidak menabraknya. Maka ini juga dilarang, dan ini seperti tindakan mengacungkan senjata, karena dia tidak tahu, bisa jadi setan mengambil kendali dari tangannya, sehingga dia tidak dapat mengendalikan motornya, dan ketika itulah dia jatuh ke dalam jurang Neraka.

About the author

Leave a Reply

HALO USTADZ

Halo Ustadz adalah sebuah layanan Telewicara yang menghubungkan antara jamaah dan Ustadz.