كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju masjid untuk menunaikan kewajibannya, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, no. 666)

Saudaraku, Hadits diatas menjelaskan amalan-amalan yang dapat meraih dua kebaikan sekaligus, (1) ditinggikan derajatnya, (2) akan dihapuskan dosa-dosanya. Amalan tersebut adalah, berwudhu dari rumah dan berjalan kaki menuju masjid untuk menunaikan ibadah yang wajib. Jadi, langkah kaki yang diberi ganjaran diatas adalah langkah kaki ketika pulang dan pergi kemasjid.

Saudaraku, Apakah perlu kita memperbanyak langkah kaki dengan memperpendek langkahnya? Ada sebagian ulama yang menganjurkan bahwa setiap orang yang hendak ke masjid hendaknya memperpendek langkah kakinya. Akan tetapi, ini adalah anjuran yang tidak ada dalilnya sama sekali. Karena dalam haditsnya hanya mengatakan “setiap langkah kaki menuju shalat” dan beliau tidak mengatakan “hendaklah setiap orang memperpendek langkahnya”. Seandainya perbuatan ini adalah perkara yang disyari’atkan, tentu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam akan menganjurkannya kepada kita.

About the author

Leave a Reply

HALO USTADZ

Halo Ustadz adalah sebuah layanan Telewicara yang menghubungkan antara jamaah dan Ustadz.