لأنْ أَمْشِيَ مَعَ أَخِ فِي حَاجَةٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ يَعْنِي مَسْجِدَ الْمَدِينَةِ شَهْرًا

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh.” (HR. Thabrani, no. 13280)

Saudaraku, jika seseorang datang mengadukan kebutuhannya kepadamu, maka bergembiralah karena ia lebih mengutamakanmu daripada yang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Tolonglah dia. Jangan sampai engkau tidak membantunya dalam memenuhi kebutuhannya selagi engkau mempunyai kemampuan untuk itu. Jika kesempatan ini anda abaikan, maka anda telah mengabaikan pahala besar bahkan lebih besar dari i’tikaf dimasjid Nabawi selama sebulan.

Saudaraku, jika menokong orang lain yang butuh bantuan mendapatkan pahala besar. Bayangkan jika yang anda bantu adalah istri anda sendri untuk memenuhi kebutuhannya seperti menemaninya belanja kepasar untuk kebutuhan dapur dan rumah tangga maka tentu pahalanya jauh lebih besar lagi.

Semoga bermanfaat, Barakallah Fiikum 

About the author

Leave a Reply

HALO USTADZ

Halo Ustadz adalah sebuah layanan Telewicara yang menghubungkan antara jamaah dan Ustadz.