السَّاعِى عَلَى الأَرْمَلَةِ وَالْمِسْكِينِ كَالْمُجَاهِدِ فِى سَبِيلِ اللَّهِ ، أَوْ كَالَّذِى يَصُومُ النَّهَارَ وَيَقُومُ اللَّيْلَ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Orang yang berusaha memenuhi kebutuhan janda dan orang miskin, pahalanya seperti mujahid fi Sabilillah atau seperti orang yang rajin puasa di siang hari dan rajin tahajud di malam hari.” (HR. Bukhari No.6006 & HR.Muslim No.7659)

Saudaraku, jika kita diberikan kelapangan rizki maka bantulah para janda agar mereka bisa menjaga sikap selaku seorang muslimah, agar mereka tidak banyak keluyuran diluar rumah. Kalau mereka terpaksa bekerja di luar rumah, maka hendaknya mereka tidak melanggar syari’at dan pilihlah jenis pekerjaan yang jauh dari campur-baur dengan lawan jenis.

Saudaraku, tidak semua diantara kita mampu melangkahkan kaki kemedan jihad dengan berkorban jiwa dan harta, tidak semua diantara kita mampu shalat malam dan puasa disiang harinya. Tapi pahala amalan itu semua bisa kita dapatkan dengan memenuhi kebutuhan para janda dan orang miskin karena pahalanya sama seperti berjihad dijalan Allah, shalat tahajjud dimalam hari dan berpuasa disiang harinya.

Semoga bermanfaat, Barakallah Fiikum

About the author

Leave a Reply

HALO USTADZ

Halo Ustadz adalah sebuah layanan Telewicara yang menghubungkan antara jamaah dan Ustadz.