Pertanyaan

Ayah kami sudah meninggal dunia beberapa tahun lalu dan meninggalkan beberapa harta, tetapi harta-harta itu semuanya dipegang oleh ibu, kami anak-anaknya susah mengambil hak-hak kami. Bagaimana solusinya ?

Jawaban

Kasus di atas banyak terjadi di masyarakat kita, dimana seorang suami meninggal dunia dan meninggalkan beberapa harta, kemudian istri yang bersangkutan mengambil alih semua harta peninggalan itu, dan menggunakannya sesuai dengan selara pribadi. Sedangkan ahli waris lainnya banyak mendapatkan kesulitan untuk mengambil hak mereka.

Harta peninggalan atau sering disebut dengan harta waris itu menjadi hak milik seutuhnya para ahli waris, seperti yang telah dijelaskan di dalam Al-Quran surat An-Nisa pada ayat 7, 11, 12, dan ayat 176.

Rasulullah bersabda:

أَلْحِقُوا الْفَرَائِضَ بِأَهْلِهَا، فَمَا بَقِيَ فَهُوَ لِأَوْلَى رَجُلٍ ذَكَرٍ

“Bagilah bagian-bagian yang telah ditentukan kepada mereka yang berhak, jika terdapat sisa maka itu untuk lelaki terdekat.” (H.R Bukhari dan Muslim)

Inilah ketentuan syariah, bahwa harta waris itu bukanlah milik perorangan, tetapi harta itu sudah menjadi milik semua ahli waris. Tidak boleh salah satu dari mereka menguasainya dan membelanjakannya untuk kepentingan pribadi.

Jika seorang istri menguasai harta warisan dan menggunakannya untuk kepentingan pribadinya atau membagi harta itu kepada mereka yang dia sukai saja tentu ini perbuatan kezhaliman, memakan harta yang bukan miliknya. Hendaknya dia bertaubat kepada Allah dan membagi harta tersebut kepada para ahli waris yang berhak menerimanya.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللّهِ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: “مَنِ اقْتَطَعَ حَقَّ امرئٍ مُسْلِمٍ بِيَمِينِهِ، فَقَدْ أَوْجَبَ الله لَهُ النَّارَ، وَحَرَّمَ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ” فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ: وَإِنْ كَانَ شَيْئا يَسِيراً، يَا رَسُولَ اللّهِ؟ قَالَ: “وَإِنْ قَضِيبا مِنْ أَرَاكٍ”. رواه مسلم.

Dari Abu Umamah, mudah-mudahan Allah meridhainya, bahwa Rasulullah bersabda: “siapa yang mengambil hak seorang muslim dengan sebuah sumpah maka Allah mewajibkan kepadanya neraka, dan mengharamkan surga baginya.” Seorang lelaki bertanya: wahai Rasulullah bagaimana jika itu cuman sedikit ? beliau bersabda: “walaupun itu batang pohon arak.” (H.R Muslim)

Seorang istri punya hak mengambil bagian yang sudah ditentukan Allah dari harta peninggalan suaminya, dan juga memberikan hak para ahli waris lainnya dari harta tersebut. Inilah sebuah kataatan kepada Allah dan Rasulullah dan inilah keberkahan. Tentu semua itu berbuah pahala besar di sisi Allah.

NIZAR SAAD JABAL

2 SAFAR 1440H/11 OKTOBER 2018

2 Responses
  1. Bagaimana jk harta warisan dr ayah kami dikuasai ibu namun kami tdk mepermasalahkannya hg selrng ini, apa tdk mengapa hal itu trs berlangsung hg saat ini…

    1. admin

      afwan untuk penjelasannya silahkan tanya langsung kepada ustadz yang bersangkutan dengan menggunakan aplikasi Halo Ustadz. Karena admin, tidak memiliki kapasitas untuk menjawab. baarakallah

Leave a Reply

HALO USTADZ

Halo Ustadz adalah sebuah layanan Telewicara yang menghubungkan antara jamaah dan Ustadz.