MENGHITUNG MUDAH WARISAN

Pertanyaan

              Bagaimana cara menghitung warisan ayah yang sudang meninggal. Ayah meninggalkan istri, anak lelaki dan anak perempuan, dan beberapa saudara kandung lelaki dan perempuan.

Jawaban

              Jika seorang ayah meninggal dunia dan meninggalkan beberapa harta sedang ahli warisnya terdiri dari istri, anak lelaki, anak perempuan, saudara-saudara kandung lelaki dan perempuan maka yang berhak mendapatkan harta peninggalan tersebut adalah,

  1. Istri
  2. Anak lelaki
  3. Anak perempuan

Adapun saudara kandung lelaki dan perempaun mereka terhalang dengan keberadaan anak lelaki, artinya mereka tidak mendapatkan warisan.

Adapun perhitungan warisannya sebagai berikut,

  1. Istri mendapatkan 1/8 dari total harta peninggalan dari pewaris (ayah yang meninggal) memiliki anak-anak
  2. Anak lelaki dan anak perempaun mendapatkan sisa harta setelah diberikan kepada istri. Dengan perhitungan, lelaki mendapatkan dua bagian dan anak perempuan mendapatkan satu bagian.

Jika anak lelaki satu dan anak perempuan satu maka sisa hartanya dibagi tiga, dua bagian diberikan kepada anak lelaki dan satu bagian diberikan kepada anak perempaun.

Dalil pembagian ini firman Allah,

فَإِن كَانَ لَكُمْ وَلَدٌ فَلَهُنَّ ٱلثُّمُنُ مِمَّا تَرَكْتُم

              “ … jika kalian (suami-suami) memiliki anak maka bagian mereka (istri-istri) seperdelapan dari harta yang kalian tinggalkan …” (QS. An-Nisa: 12).

dan juga firman Allah,

يُوصِيكُمُ ٱللَّهُ فِىٓ أَوْلَٰدِكُمْ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ ٱلْأُنثَيَيْنِ

              “Allah mensyariatkan kepada kalian (tentang pembagian harta warisan) untuk anak-anak kalian yaitu bagian satu anak lelaki sama dengan bagian dua anak perempuan …” (QS. An-Nisa: 11).

Dan juga sabda Rasulullah,

أَلْحِقُوا الْفَرَائِضَ بِأَهْلِهَا، فَمَا بَقِيَ فَهُوَ لأَوْلَى رَجُلٍ ذَكَر

              “Bagilah hak-hak waris itu kepada para pemiliknya, jika terdapat sisa maka itu menjadi milik lelaki terdekat.” (H.R Bukhari 85 dari Abdullah bin Abbas)

USTADZ NIZAR SAAD JABAL, Lc, M.Pd

 

Leave a Reply

HALO USTADZ

Halo Ustadz adalah sebuah layanan Telewicara yang menghubungkan antara jamaah dan Ustadz.